Pisang is my choice

Pisang adalah salah satu buah tropis yang menjadi favorit banyak orang, termasuk saya :D selain manis dan lembut, pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Pisang dapat di santap langsung atau di oleh menjadi pangan lain seperti, pisang goreng yang paling sederhana, atau pisang kukus, kue, dan masih banyak lagi.

Mengingat pisang memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh, ada baiknya buat kamu yang suka perawatan tubuh memasukan buah ini kedalam salah satu buah wajib yang harus di konsumsi.

10 Manfaat Sehat Rajin Menyantap Pisang Tiap Hari

Pisang memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Mau tau manfaatnya apa aja, yuk liat… :)

Kalori.

bagi anda yang sedang diet, mengonsumsi pisang dapat memuaskan keinginan anda untuk makan makanan yang manis tanpa merusak program diet anda. Dalam satu buah pisang rata-rata mengandung 110 kalori.

Lemak dan Kolesterol

Pisang merupakan buah yang bebas dari lemak dan kolesterol, jadi aman sekali bagi anda yang hendak mengurangi konsumsi lemak dan kolesterol atau untuk anda yang bermasalah dengan lemak dan kolesterol.

Potasium

Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg dalam pisang berukuran sedang. Buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.

Vitamin C

Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10 mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.

Vitamin B6

Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

Mangan

Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.

Serat

Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan saluran cerna, serat juga kita butuhkan untuk menjaga perut agar merasa kenyang lebih lama.

Nutrisi Lain

Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meski jumlahnya kecil. Mineral dan vitamn tersebut antara lain, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.

Karbohidrat

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan.

Mudah Dicerna

Pisang sangat mudah dicerna. Saat Anda sedang menderita penyakit virus atau gangguan pencernaan, pisang sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Pisang yang dilumatkan juga sering dipakai sebagai makanan padat yang diperkenalkan pada bayi.

Jadi ngga usah takut makan pisang, hheee dan rajin-rajin lah makan pisang kawan ;)

Semoga bermanfaat untuk kalian semua….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>